Connect with us

Game

Perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch

Published

on

Gameplay.id – Ini dia perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch dari fitur yang ditawarkan sampai kelebihan dan kekurangannya.

Tahun 2017 lalu, Nintendo telah membuat inovasi baru dengan menciptakan produk unik yaitu Nintendo Switch.

Yang menarik dan unik dari Nintendo Switch adalah kompatibilitas yang ditawarkan mulai dari TV mode, Tabletop mode, hingga Handheld mode. Dengan kata lain anda bisa main game Nintendo Switch menggunakan TV besar di rumah anda atau dimainkan secara portabel baik sendirian maupun bersama teman.

Kesuksesan Nintendo menciptakan Switch telah berhasil menyentuh angka penjualan yang mengagumkan di pasar lokal Jepang. Dua tahun setelahnya penjualan Nintendo Switch berhasil mengalahkan penjualan Playstation 4 di pasar Jepang.

Tidak mau kehilangan momen berharga, Nintendo kembali mengeluarkan produk barunya yaitu Nintendo Switch Lite.
Dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa ini adalah versi murah dari pendahulunya.

Bagi anda yang penasaran dengan perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch secara keseluruhan. Berikut ini ulasan lengkap mengenai perbedaannya.

1. Kompatibilitas Nintendo Switch vs Switch Lite

Jika Nintendo Switch bisa dimainkan dengan cara TV mode, Tabletop dan Handheld, maka Switch Lite hanya bisa dimainkan secara Handheld.

Nintendo Switch Lite memang lebih ditujukan untuk pasar mobile. Ini lebih cocok bagi anda yang suka bermain secara portabel dan memang tidak ingin memanfaatkan fungsionalitas docking ke televisi.

2. Perbedaan Ukuran

Perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch

Nintendo Switch mempunyai ukuran yang lebih besar yaitu tinggi sekitar 4 inci, panjang 9,4 inci, dan ketebalan 0,55 inci (dengan Joy-Con terpasang).

Sedangkan Nintendo Switch Lite mempunyai ukuran yang lebih kecil yaitu tinggi sekitar 3,6 inci, panjang 8,2 inci, dan ketebalan 0,55 inci.

Perbedaan ukuran layar juga cukup signifikan yaitu 6,2 inci pada Switch dan 5,5 inci pada Switch Lite.

3. Daya tahan baterai

Untuk daya tahan baterai, Switch lite lebih unggul karena lebih tahan lama dibandingkan Nintendo Switch.

Masa pakai baterai sebenarnya tergantung dari game yang sedang dimainkan. Tetapi jika dibandingkan dengan game yang sama, maka dipastikan Switch lite yang lebih unggul.

Uniknya, kapasitas baterai Nintendo Switch lebih tinggi yaitu 4310 mAh dan 3570 mAh untuk yang versi Lite.

Contohnya untuk bermain game seperti The Legend of Zelda: Breath of the Wild, baterai akan bertahan sekitar 3 jam untuk Switch dan 4 jam untuk Switch Lite.

4. Kapasitas penyimpanan

Nintendo Switch dan Switch lite sama-sama mempunyai penyimpanan internal 32 GB. Memang tidak terlalu besar untuk penyimpanan internal dan itupun masih harus digunakan untuk berbagi dengan sistem.

Tetapi anda tidak usah khawatir tentang kapasitas karena Nintendo telah menyediakan juga penyimpanan eksternal micro SDHC atau SDXC yang mendukung hingga 2TB. Untuk mendapatkan MicroSD, anda harus mengeluarkan uang tambahan lagi karena dijual terpisah.

5. Joy-Con controllers

Perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch

Joy-Con controllers adalah stick PS nya nintendo Switch yang terdapat disamping kanan dan samping kiri layar. Kontroler nirkabel ini menggunakan koneksi Bluetooth 3.0.

Bisa dipasang dan dicopot pada kedua sisi, karena itu menggunakan baterai yang bisa tahan sampai 20 jam. Untuk waktu pengisian baterai Joy-Con membutuhkan waktu sekitar 3 jam 30 menit sampai penuh kembali.

Untuk fitur yang disediakan juga banyak macam untuk memberi pengalaman terbaik saat anda main game. Keduanya telah diberi akselerometer Giroskop dan bisa bergetar mengikuti permainan yang sedang berlangsung.

Khusus untuk versi Lite Joy-con yang tersedia tidak dapat dilepas sehingga tidak perlu baterai tambahan pada Joy-con kedua sisi.

6. Varian Warna Switch vs Switch Lite

Perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch

Nintendo Switch Lite menawarkan lebih banyak pilihan warna yang tersedia dalam beberapa varian yaitu Kuning, abu-abu, dan biru-hijau (turquoise).

Ada juga edisi khusus pada Switch Lite yang menawarkan gambar Pokémon Sword dan Shield Edition.

Sedangkan pilihan warna pada Nintendo Switch memang tidak sebanyak yang versi Lite. Tetapi pada Joy-con nirkabel sisi kiri dan kanan terdapat 6 pilihan warna yang dijual terpisah.

Jadi baik Switch maupun Switch Lite memang sudah di desain mempunyai ciri khas warna tersendiri.

7. Switch Dock

Perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch

Fungsi utama Switch Dock adalah untuk memberikan output ke TV, serta mengisi dan menyediakan daya ke sistem.

Switch dock hanya tersedia jika anda membeli nintendo Switch yang biasa dan bukan lite.

Setiap pembelian sudah tersedia dalam paket penjualan yang lengkap dengan kabel HDMI untuk penghubung ke layar TV.

8. Jenis game yang bisa dimainkan

Apakah semua game yang bisa dimainkan di Switch bisa juga dimainkan di Switch lite ?

Jawabannya adalah tidak, karena tersandung masalah Joy-con yang tidak bisa dilepas pada yang versi lite.

Anda harus membeli Joy-con nirkabel yang dijual terpisah jika ingin memainkan game yang tidak berfungsi dalam mode handheld.

Terlepas dari masalah perbedaan Joy-con yang bisa dilepas dan tidak, semua game lainnya bisa dimainkan dengan lancar dan mulus baik pada switch biasa maupun lite.

9. Game Multiplayer

Anda bisa mengajak teman untuk bermain bersama secara local dengan Nintendo Switch maupun Lite.

Tetapi untuk versi Lite, anda diharuskan membeli Joy-con nirkabel agar bisa bermain berdua atau lebih.

Jumlah pemain bisa bervariasi tergantung dari game yang sedang anda mainkan.

10. Harga

Nintendo Switch lite di banderol dengan harga 199 dolar. Harga Lite tentu lebih murah jika dibandingkan dengan Nintendo Switch yang saat pertama kali diluncurkan dibanderol dengan harga 300 dolar.

Nintendo Switch V2

Bagi anda yang ingin membeli Nintendo Switch dan bukan versi lite. Sebaiknya pilih yang versi terbaru.

Sejak dirilisnya Switch tahun 2017 lalu, kemudian mengeluarkan yang versi lite. Banyak yang mengeluh masalah baterai.

Untuk menanggapi hal ini, Nintendo secara resmi mengeluarkan versi terbaru dari Switch yang sudah dirilis agustus 2019 lalu.

Switch yang baru (bukan lite) memungkinkan anda untuk bisa bermain lebih lama karena performa nya telah sedikit ditingkatkan.

Switch yang baru dengan kode “XKW” mampu beroperasi lebih lama hingga sembilan jam lamanya sebelum diisi ulang.

Untuk masalah harga sama dengan yang versi switch keluaran 2017, perhatikan dengan baik sebelum membeli untuk mendapat versi yang terbaru dengan melihat nomor seri yang dimulai dengan “XKW”.

Itulah perbedaan Nintendo Switch Lite dan Nintendo Switch biasa. Berbagai kelebihan dan kekurangan sudah dibahas dengan jelas. Semoga pembahasan ini dapat membantu anda untuk menetapkan keputusan yang tepat untuk memilih salah satu darinya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *